Feeds:
Posts
Comments

Archive for December, 2008

sesama kucing kenapa sih berantem melulu??

ini salah satu pertanyaan yang bikin gw penasaran dari kecil, padahal kucing itu binatang manis, lucu, yummy, manja (asal memenuhi dua syarat, bersih dan ga berkutu!)

kenapa tiap ketemu sesama kucing jantan baik ada betina walaupun ga ada betina tetep aja berantem abis2an udah kaya dendam gara-gara ibunya dibunuh, berantemnya udah kaya bunuh2an, bahkan pernah gw liat ada kucing mati gara2 berantem, apa sih yang membuat mereka segila itu?? ada yang tau ga??

beda sama anjing, biar jantan ketemu jantan ga selalu berantem, kalo kucing pasti berantem

heran gw, padahal kan dalam islam air liurnya aja haram kalo kena manusia, beda ma kucing, lah kenapa perilakunya lebih binal kucing ya? tukang berantem brutal gt??

Advertisements

Read Full Post »

kali ini iseng, turning down the flow

ngomongin sepakbola, gw demen banget sama yang namanya olahraga satu ini, walau ga se ‘gila’ adik gw yg cewe

gw paling seneng kalo misalnya ada yang ngajakin main futsal, sukur-sukur sepakbola di lapangan gede sekalian

waktu masih kecil gw ngefavoritin juventus dan angelo peruzzi nya

entah kenapa jadi pemain favorit gw sepanjang zaman, ada yang tau??

sayang, saking manutnya sama pelatih marcello lippi yang udah dianggep kaya bapak sendiri begitu om lippi pindah ke inter, peruzzi juga

sempat diolok2 gara-gara kelebihan berat badan tapi dia tetap memiliki refleks yang luar biasa dan loncatan yang tinggi dan positioning yang tepat, jaman gw waktu kecil saban peruzzi maen pasti gw kejar, ngeliatin terbang, jatuh bangun, tangkisan, dan refleks yang begitu sempurna, buffon lewat lah, soalnya buffon ga kelebihan berat badan

eh ternyata nemu situs bagus yang ada video2 penyelamatan peruzzi

http://juventus.theoffside.com/team-news/juventus-legends-angelo-peruzzi.html

trus ada juga video waktu dia pensiun pas penggantian kiper, peruzzi masuk, tribun stadion kaya kebakar, penonton memuja2, komentator berbusa2 memujinya, pemain lawan berebutan salaman ma dia, selese tanding wartawan ngerubutin ga abis2, dia gendong anak laki nya dan gandeng anak perempuannya ngelilingin stadion ucapin selamat tinggal ke penonton dan diputer lagu buat peruzzi, what a legend????

sayang selalu cedera saat mau piala dunia, tp bagi dia tetep pemain favorit sepanjang zaman lah

buffon, cech lewat karena wajar mereka berat badannya ga berlebihan

Read Full Post »

kebebasan?

banyak orang mengklaim gw bebas ini gw bebas itu

apanya sih yang bebas?? manusia ini ga ada bebas2nya

selama masih ada tuhan, dan selama masih ada makhluk hidup lain

yang ada bebas tp bertanggungjawab, pikirin lu mau bebas ngapain tp pikirin juga efeknya ke sekitar, lu mau bebas ngesex pra nikah? efeknya paling ngga bakal buat hal ini jadi hal yang biasa, banyak lah contoh lain manusia yang merasa dirinya paling berhak ngomong kebebasan tp sebenernya ga tau apa arti kebebasan itu

apa itu HAM?? apa itu gender?? apa itu demokrasi?? apa itu hermeneutika?? macam lebih pintar dari tuhan aja

kalian ini udah syukur dikasih nafas sama tuhan, dikasi badan sehat

eh masih aja mengingkari perintahnya dan mendekati larangannya

kalian tak akan pernah tau apa itu kebebasan karena kalian tak akan pernah merasakannya, kalian harusnya hanya boleh tahu kebebasan bertanggungjawab, tidak lebih

dalam rangka tahun baru hijriah ini saya mengajak manusia untuk kembali ke kebebasan bertanggungjawab, amin

Read Full Post »

sebenernya tahun ini banyak sasaran yang ga kecapai, gw terlalu asik dengan dunia gw, untuk permasalahan jejak tangga yang gw hadapi dimana manusia terus mengalami perkembangan, gw memasuki fasa dimana kesombongan mulai menghinggapi diri, setelah gw melewati fasa dimana gw mulai suka pamer, entah kenapa muncul fasa seperti itu, gw ga tau yang pasti gw udah ramalkan bahwa akan terjadi fasa-fasa begini dalam hidup gw, untuk yang terakhir, fasa dimana gw mulai merasa sombong sebenernya gw udah berusaha untuk menekan seminimal mungkin sifat buruk tersebut, tapi sepertinya sifat itu terlalu liar untuk dikekang, akibatnya cukup berbahaya, akibat mulut gw yang kurang terkontrol ini beberapa orang merasa tersinggung dan tiap-tiap mereka bukan orang yang sembarangan (bagi gw semua manusia ga ada yang sembarangan), hal ini cukup memberikan tamparan keras ke gw, bahwa kontrol diri gw ga cukup berhasil, omongan-omongan lisan maupun tulisan baik itu di dunia nyata ataupun dunia maya terlihat tidak terkontrol, liar, sok dewasa padahal tidak, bercanda berlebihan padahal orang lain tersinggung.

untuk itu momen akhir tahun gw manfaatkan untuk berjanji dan bertekad untuk memperbaiki mulut gw dan tulisan gw, dan untuk beberapa orang yang merasa pernah tersinggung atas ejekan, bercandaan, kesombongan gw, atau omongan gw yang kesannya menggurui atau sudah hebat.

gw sepenuh hati minta maaf ke semua orang yang pernah tersinggung, gw berjanji akan berperilaku positif ke depannya, ke fasa yang gw ramalkan akan gw jalani yaitu fasa merunduk berdasarkan ilmu padi

sekian dan terima kasih

Read Full Post »

ini kejadian gw alami sendiri, jadi kita setelah gathering forum gitaris ITB, 14 des 2008, pada mau pulang, 4 orang diantaranya mau nebeng si pandu geeleboek, yaitu bang fahmi, mbah, bang endi, ama gw, rencananya mau makan siang bareng (jam 4 sore kira-kira), dari sunken court kita menuju ke belakang, ke sabuga

yang punya mobil, si pandu geeleboek duluan, kita dijemput di gerbang belakang aja, nunggu lama, akire kita nyusul, sampe disana si pandu terlihat panik dan bingung gitu

jadi gini ceritanya, si pandu nyamperin mobilnya, trus mau buka kunci dia pencet alarmnya, ko ga bunyi dan lampu sign nya ga idup, harusnya kan idup, berkali-kali dicoba ga bisa juga akhirnya dia buka manual, pas dibuka kok alarmnya ga nyala juga ya, trus dicoba hidupin ga bisa, dan semua perangkat perlistrikan ga bisa nyala, akhirnya si pandu berkesimpulan ada yang ga bener dengan aki nya, ditarik lah tuas kap pembuka mobil dari dalam, pas ditarik kok loss gini, ga kaya biasanya

FYI mobilnya baleno kira-kira generasi kedua kalo ga salah keluaran 2000 awal deh

lanjut, di cek ke kap mobilnya ternyata KENDOR!!!! lalu dibuka saja kap nya, terlihat lah bahwa salah satu kabel aki COPOT!!!!

trus gw ma pandu berpikir ngapain dia nyopot kabel aki?? copotnya bener-bener keliatanlah dicopot sengaja oleh manusia, bukan karena guncangan atau apa, wong terakhir si pandu ngambil gitar aja kelistrikannya masih jalan.

mata gw trus mencari dia mau ngapain, lalu tiba-tiba mata gw menangkap bahwa ada kabel yang lepas bentuknya seperti tercabut, gw langsung kasih tahu pandu, dan dia bilang ini kabel alarm, jelas sekarang motifnya, tapi masih terbagi 2 antara si maling ingin melarikan mobil atau si maling ingin menguras harta di dalam mobil, hal ini belum sempat dilakukan karena husnudzon kami si penjaga parkir tiba-tiba terlihat dari jauh dan si maling tidak mau ambil resiko langsung kabur.

otak gw langsung bekerja cepat merekayasa struktur kerja berdasarkan jejak yang ditinggalkan, gw ngeliat ventilasi depan (itu lho bagian paling depan mobil yang biasanya ada emblem merk, ventilasi angin buat ngedinginin radiator) di salah satu lubang-lubang ventilasi berdiameter 1,5 cm itu gw mencari lubang yang posisinya enak buat menarik kabel pembuka kap mobil, gw temukan lalu gw temukan bekas goresan akibat benda keras yang masih baru, gw berkesimpulan ini adalah semacam besi yang berbentuk pengait (kaya permen natal yang merah putih) yang digunakan melalui lubang ventilasi untk menarik kabel pembuka kap, setelah kap terbuka maka si maling membukanya dengan sangat perlahan karena alarm masih hidup, setelah terbuak, dia melepaskan kabel aki agar alarm mati, lalu memutuskan kabel alarmnya agar bisa mencongkel kunci pintu dan membuka mobiluntuk mencuri mobil atau merampok harta didalam mobil, karena tidak sempat maka tidak terlihat tanda-tanda pencongkelan mobil.

dari restrukturisasi yang gw lakukan gw memberikan saran kepada kalian yang punya mobil.

sebisa mungkin TUTUP AKSES MENUJU KABEL PENARIK TUAS KAP MESIN, disana berada aki dan kabel alarm, bagi yang ventilasinya besar, ganti aja deh, ini tindakan pencegahan sebelum kalian nangis-nangis kehilangan mobil, pake ventilasi yang lubangnya kecil-kecil, tapi masih bisa udara mengalir mendinginkan radiator (itu loh yang isinya air pendingin mesin)

yah gitu aja bro sis, makin banyak modus, sperti JANGAN MAU MOBIL ANDA DIBERHENTIKAN DI PUNCAK PASS WALAU MOBIL ANDA BERASAP, ITU ASAP DIBUAT PAKE OLI YANG DITUMPAHKAN KE BAN ANDA BIAR ANDA MENGIRA REM ANDA KEBAKAR PADAHAL SEBENERNYA MEREKA MONTIR-MONTIR MALING, JANGAN SEKALI-KALI PERCAYA!!!!!

jadi inet vanya yang ngeliat mobilnya lagi di tukang pompa ban belakang kampus gara-gara kena paku, suudzon ada yang nebar paku di daerah belakang kampus, naudzubillahimindzalik deh

Read Full Post »

malam ini dari jam 7-10 malam, gw diminta panitia olimpiade untuk jadi salah satu juri, dari 3 juri. 2 lainnya pupun, gitarisnya ‘kapten’ dan natali dari manajemen artis indonesia, oke setelah briefing singkat dengan juri lainnya kita langsung masuk ke studio, dengan jadwal 20 band dengan waktu masing-masing 8 menit, ternyata yang datang cuma 13 band, sebenarnya ada 1 band lagi, fruit n salads, ada personilnya yang ikut acara konser ITB string orchestra, dengan jadwal yang sama, jadi tabrakan, setelah audisi selesai mereka memohon untuk ikut audisi, tetapi apa daya panitia ‘keukeuh’ karena jam sewa studio sudah habis dan ada band lain yang akan mengisi.

dari 13 band tidak ada yang istimewa, yang sampai membuat hati gw meluap-luap, bahkan ada yang tidak pernah memakai bass 5 senar, lalu salah kunci gara-gara mengira senar paling atas itu bernada E, padahal B

kita berhasil memilih 5 band terbaik, hampir tanpa perdebatan, kaget juga gw, kok bisa sama, padahal metoda menilainya juri saling berjauhan dan tidak boleh melihat hasil penilaian 1 sama lain, pada akhirnya kami mengumpulkan hasil masing-masing dan hasilnya sama, hahahaha, kok bisa ya? padahal gw seleranya aneh dan mereka, pupun kapten dan natali MAI tuh mainstream gitu.

mungkin karena band2 nya ga ada yang istimewa, jd hampir sama semua, yang jelas senang lah bisa jadi juri, suatu kehormatan

Read Full Post »

okeh, setelah sampai di atas tebing, dan berfoto bersama, kita menuju ke lokasi, hmm gw pikir udah deket, ternyata kita masih setengah perjalanan lagi, kira-kira 1 jam jalan kaki, jalan kakinya tentu saja lambat, tidak seperti di aspal, selain harus membawa beban yang paling ringan bisa 15 kilogram, medannya kali ini berbeda, kita memasuki daerah hutan lebat, lokasi dimana pernah terjadi beberapa mahasiswa hilang dan meninggal karena kedinginan dan salah satu titik yang kita tuju adalah titik dimana pernah terjadi kecelakaan pesawat baling-baling maskapai penerbangan merpati tahun 1993 dengan pilot farida, masih ingat?

nah sebelum kita masuk ke hutan, istirahat dulu di tepi “jalan”, jalan ini menghubungkan papandayan dengan perkebunan santosa lalu ke malabar dulunya, biasa digunakan pekerja perkebunan dan biasanya dilaui motor trail yang nekat memanjat tebing tadi, dulu sebelum letusan tahun 2002 jalan ini bisa dilalui jeep, tp setelah letusan dan longsor, hubungan terputus, ditandai merah pada foto dibawah ini

jalan-putus

di foto dari kiri ke kanan ada arih, geofisika UGM 2003, DR.Djedi S Widarto, dan gw sendiri, yah itulah jalan yang putus

setelah itu kita masuk hutan, dibagi 2 tim, gw dengan pak suyatno yang dengan cepat kita akrab

gw masuk hutan dengan 1 orang topografi, yang tahu medan dan pembuka jalan, masuk hutanlah kita semua rombongan, tapi karena naluri gw adalah orang yang penasaran dan hiperaktif maka gw ga bakal ninggalin si orang topografi seberapa pun cepatnya dia berjalan meninggalkan seluruh kru, dan entah kenapa pak jedi, ikut cepet sama gw, akhirnya kita berdua setengah berlari megikuti si orang topo, karena hari pertama dan rencananya gw ga ikut nginep dan pak jedi tidak ikut pengukuran maka kami berdua membawa beban seadanya, jadi bisa lebih cepat, rombongan tertinggal jauh ketika kami sudah 1 jam berjalan tiba-tiba orang topo berhenti, lalu berbalik dan bilang kepada kami, bahwa KITA TERSESAT!!!!!

euh gimana nih orang topo, lalu dia berkata supaya kita diam di tempat dia akan mencari jalan yang benar, nasib… lalu gw tinggal berdua dengan pak jedi, ngobrol ngalor ngidul, ditawari roti oleh pak jedi, kita makan berdua, lalu setelah makan, pak jedi resah ingin mencari teman-teman yang lain, bayangkan! di tengah hutan lebat cuma berdua jauh darimana2!! begitu pak jedi beranjak akan menyusul teman-temannya saya langsung mencegahnya, insting dan pikiran saya mengatakan kita tidak tahu daerah dan jika kita bergerak sedikit saja bisa-bisa kita hilang tak tentu arah, dengan keyakinan mereka akan datang maka saya berusaha meyakinkan pak jedi untuk menunggu, alhamdulillah beliau mau, setelah 1 jam menunggu, terdengar teriakan dari jauh, dan gw langsung membalasnya, makin lama orang-orang yang dinanti makin dekat, para pekerja, operator tim dan orang topo akhirnya datang, dan kita melewati persimpangan yang seharusnya sejauh setengah jam, pantas saja. pekerja lokal berasal dari daerah kaki gunung papandayan, mereka berkata jangan macam-macam disini, sudah banyak orang hilang disini, jarang yang memasuki hutan ini, yang memasukinya katanya pun cuma orang yang “geus kolot, geus boga pangalaman”

oke, akhirnya setelah menyusur, sampai pada titik pertama, pekerja lokal sigap membabat area seluas 10×10 untk keperluan tenda, dan instalasi peralatan diarahkan oleh pak jedi langsung dan instalasi software juga langsung diarahkan. siap pengukuran kita mencoba menerapkan beberapa gain yang berbeda, untuk menghindari noise yang berlebihan. setelah dirasa mantap akhirnya pak jedi dan 3 orang pekerja lokal (2 shift, dari 7 orang) turun ke bawah, bergantian suplai makanan, aki, dan lain-lain. hari ini 3 orang, besok 4 orang, kami kebagian 8 titik, tetapi ada 1 titik yang dirasa gagal karena angka data error yang cukup besar karena ada hujan dan petir, maka kami mengulang di titik tersebut.

pada malam pertama, pada titik 1 suatu subuh kira-kira jam 4 an, si arie, yang tidur di sebelah gw tiba-tiba loncat menggulingi gw, gw pikir ini anak homo, tp ternyata besoknya dia bercerita ada babi hutan (atau entah apa) mengendus2 pinggir tenda dan napasnya kedengaran keras dan hangat….HIIIIIIIIIII!!!!!

lalu pada suatu titik, dimana letaknya di lereng gunung puntang (2600mdpl) titik paling ujung ini kata pekerja sangat dekat denga lokasi jatuhnya pesawat merpati, pada saat evakuasi tidak semua korban ditemukan, hanya sebagian dan tidak ada yang selamat, beberapa dari mereka ada yang ikut evakuasi mengangkut mayat-mayat dengan kondisi mengenaskan. hal ini membuat 2 shift memaksa digabung, agar lebih banyak orang, mereka rupanya sangat ketakutan, hal ini terdengar dari lantunan ayat suci alqur’an malam-malam, hal yang tidak pernah mereka lantunkan pada malam-malam sebelumnya, oh salah

ada satu lagi malam yang aneh, di suatu titik, pada tengah malam mereka mendengar bunyi orang ketawa atau meringkik, bunyinya seperti kuntilanak kata mereka, kadang seperti kuda, kadang seperti tangisan, terdengar jauh tetapi sangat jelas. mereka sangat ketakutan, dan berharap tidak ada pengukuran lagi, tetapi saya dan pak suyatno bertekad melanjutkan, setan apapun yang keluar, karena kami tidak takut setan!!!!

ohya ada hal menarik, 2 orang yang saya sangat senangi, pak suyatno, operator dari lipi, saya merasa setiap hari dia bersifat sangat kebapakan kepada saya, jadi saya merasa dianggap anak oleh beliau selain oleh pak jedi, saya berbuat sesuatu kenakalan, saya telah mengajari beliau merokok, maafkan saya pak, saya juga hanya di lapangan. itupun karena kedinginan

satu lagi, pekerja lokal, asli purbalingga namanya mas dirin, beliau orangnya sangat baik, alim dan beda dengan pekerja lainnya, solat selalu tepat waktu dan dia yang sering mengaji, beliau sangat peduli terhadap pendidikan anaknya, sehingga dalam keadaan apapun bertekad mendidik anaknya sampai setingg2nya, “kalau diizinkan Allah sih sampai perguruan tinggi” amin mas!

img_0352

yang diatas gw sama mas dirin lagi masang koil magnetik komponen vertikal yang ditanam sedalam 1.3 meter, yang jaket biru, mang ayi, si tukang ngutil perbekalan kita,hihih ada aja orang iseng kaya gitu, ngutil2 makanan

img_0317

gambar diatas adalah titik pengukuran terkhir dimana pak Eddy, orang lipi juga, bisa naik ke atas membawa kamera, ini medan paling ringan dari seluruh medan pengukuran yang kita lalui, yang namanya parah, ya parah banget sampe bertenda di lereng dengan kemiringan sampai 30-40 derajat!! dan naik turun tanjakan dengan menggunakan tali, jaket lapangan HMGM penuh dengan darah sudah biasa, terpeleset sudah berkali-kali, tapi jangan pernah menyerah

akhirnya kita pulang dengan selamat dan terakhir makan di restoran sunda all you can eat (ambil seenaknya karena dibebaskan sama bos (pak jedi dan pak eddy) mau ngambil apa aja, hehehehe

Read Full Post »

Older Posts »