Feeds:
Posts
Comments

pemikiran dibawah disampaikan seseorang di milis sebelah dan saya sudah dapat izin untuk publish disini, saya sepakat dengan pemikiran seperti ini :

Ga akan ada habisnya sih gan ngomongin dunia PENDIDIKAN di INDONESIA…

Ane sih mikirnya emang sistemnya yang salah…Nih ane bandingkan aja sistem pendidikan jaman ane dulu dengan sekarang:

1. Jaman dulu ane masih menerima pelajaran PMP (Pendidikan Moral Pancasila) yang sekarang diganti PPKn lalu menjadi PKn (Pendidikan Kewarganegaraan)…
Perbedaannya jelas banget saat masih PMP kita lebih banyak diajarkan tentang moral terhadap lingkungan, tentang saling menghargai, toleransi, tenggang rasa…sedangkan di PKn anak2 disuruh belajar tentang aturan2 di negara ini…Logikanya?Mau bikin generasi2 yang patuh terhadap aturan negara tapi gimana bisa wong moralnya aja ga dibina???

2. Jumlah jam pelajaran agama sekarang dikurangi, jaman ane dulu jam pelajaran agama itu terdiri dari 2 jam teori dan 2 jam praktek dalam seminggu, sekarang hanya teori doang…Makin banyak yang ga tau agama kan jaman sekarang?sampe2 ada FENOMENA ABG2 LABIL BODOH yg ingin bikin agama gara2 ngefans sama boyband ga jelas…

3. Pemerintah hnaya memikirkan target dan hasil akhir sebagai sebuah indikator kemajuan pendidikan di negeri ini…hasilnya?Nilai UAN palsu…
Bukan ngebandingin jman EBTANAS dulu sewaktu kelulusan masih ditentukan oleh sekolah dan tidak dipatok nilai minimal melainkan nilai rata2, Nilai yang didapatkan siswa cenderung asli, bahkan ga jarang kita menemukan nilai MERAH dalam Ijazah…tapi Ane berani taruhan Orang2 jaman EBTANAS yang nilainya MERAH, masih lebih cerdas dibandingkan anak sekarang yang nilai UAN-nya diatas 8…Salah satu indikatornya…ane pernah nanya sama keponakan ane yang baru lulus SMA dengan nilai yang wah…pertanyaannya simpel tau FAO ga?dia jawab apaan tuh?WTF…!???dia Anak IPS dengan nilai wah ga tau organisasi FAO…???

4. Orang tua jaman sekarang cenderung menganggap bahwa kesuksesan anak itu bila si anak dapat meraih nilai tinggi di sekolahnya, sehingga mereka memaksakan kehendak mereka pada si anak dengan memberikan jadwal2 yang padat untuk mereka emenjak mereka kecil seperti les atau yang lainnya, sehingga anak2 tersebut kekurangan waktu untuk bermain dengan teman2nya…Hasilnya?Nilai boleh bagus di sekolah tapi kemampuan si anak dalam berinteraksi sosial akan lemah, sehingga akan muncul2 sifat egoistis, ketidak pedulian, dan hanya menghasilkan generasi bermental tempe yang baru digetak sama guru udah lapor polisi…beraninya keroyokan dengan alasan solidaritas tanpa tau maknanya…

5. Majunya teknologi tidak diimbangi dengan kesiapan bangsa ini untuk memanfaatkannya…hasilnya?Video bokep buatan anak sekolah hampir setiap hari diproduksi…ababil2 pada berlomba2 foto telanjang dan di simpan dalam HP lalu akhirnya tersebar…

Jujur ane enek ngeliat kemorosotan moral di negeri ini…
Buat kalian yang peduli lebih baik ayo berlomba2 untuk memperbaiki diri kita masing2…percuma juga menyalahkan siapa2 karena toh itu ga akan merubah apa2…kalo KITA INGIN PERUBAHAN MAKA RUBAHLAH DIRI KITA MENJADI PRIBADI2 YANG LEBIH BAIK, BERMORAL, BERBUDAYA, DAN BAYANGKAN KETIKA KITA SEMUA DAPAT MEMPERBAIKI DIRI SENDIRI MAKA NEGERI INI AKAN TERPERBAIKI DENGAN SENDIRINYA…

satu lagi faktor yang paling penting adalah faktor orang tua, orang tua adalah benteng pertama dari pendidikan anak, kalau orang tua sibuk cari uang demi membahagiakan anak (bahagia yang salah kaprah) agar anak bisa sekolah di sekolah internasional, dibelikan blekberi, dan fasilitas mewah yang seharusnya belum pantas untuk anak seusianya. bagi saya, uang bukanlah yang utama, waktu bersama keluarga tak bisa dibeli terutama di kota jakarta ini, dimana arus kehidupan berjalan sangat deras.

pendidikan agama oleh orang tua adalah nomor 1, kebanyakan orang tua lebih senang untuk memanggil guru piano ketimbang guru ngaji, memasukkan anaknya ke tempat les seribu les ketimbang mengantarkan anaknya ke pesantren kilat, agar anaknya bisa menjadi selebriti terkenal dan menghasilkan banyak uang, berhasil sudah agenda jahat kapitalis menguasai pikiran kita dengan orientasi uang uang uang uang, sama seperti gober bebek.

hasilnya bisa kita nikmati nanti beberapa tahun lagi, manusia-manusia kaya tapi hatinya fakir miskin, anti sosial, tidak peka terhadap lingkungan, liberalis bertindak seenak perut, tanpa pernah lagi menengok moral luhur bangsa kita yang luhur, mereka semua menjadi manusia robot mesin uang, manusia ber-EQ dan SQ rendah, jika disulut api sedikit langsung emosi dan berbuah tawuran dan kerusuhan. mari kita sebagai orang tua dan calon calon orang tua hendaknya TIDAK menjadikan uang sebagai tujuan hidup kita, beri perhatian lebih kepada anak anak kita yang butuh kita sebagai orang tua yang bijak, kawan yang dapat memahami mereka, motivator yang bisa menyemangati mereka, penggembleng mereka sebelum menjalani hidup yang keras. ubah sistem pendidikan, kalau belum bisa, didik anak kita menjadi pribadi bermoral luhur yang akan mengubah sistem pendidikan sekarang ini!

Advertisements

sdikit intermezzo, dari sumber terpercaya yg saya dapatkan, kemarin saat rapat divisi ‘new energy’ tempat saya bekerja dengan beberapa institusi ternama di bidang kebumian dan energi negeri ini, amerika bisa bertahan (ga kolaps) melewati tahun 2010 dan 2011 (krisis dahsyat) itu gara2 penemuan SHALE GAS dalam jumlah yang sangat besar, kalo mereka tidak menemukan shale gas (dg cadangan yang sangat besar) mereka bisa kolaps di krisis kemarin!

apa itu shale gas? dari http://geology.com/energy/shale-gas/

Quote:

What Is Shale Gas and Why Is It Important?Shale gas refers to natural gas that is trapped within shale formations. Shales are fine-grained sedimentary rocks that can be rich sources of petroleum and natural gas.

Horizontal Drilling and Hydraulic Fracturing

Over the past decade, the combination of horizontal drilling and hydraulic fracturing has allowed access to large volumes of shale gas that were previously uneconomical to produce. The production of natural gas from shale formations has rejuvenated the natural gas industry in the United States.

The U.S. Has Abundant Shale Gas Resources

Of the natural gas consumed in the United States in 2009, 87% was produced domestically; thus, the supply of natural gas is not as dependent on foreign producers as is the supply of crude oil, and the delivery system is less subject to interruption. The availability of large quantities of shale gas will further allow the United States to consume a predominantly domestic supply of gas.

According to the EIA Annual Energy Outlook 2011, the United States possesses 2,552 trillion cubic feet (Tcf) of potential natural gas resources. Natural gas from shale resources, considered uneconomical just a few years ago, accounts for 827 Tcf of this resource estimate, more than double the estimate published last year.

Enough for 110 Years of Use

At the 2009 rate of U.S. consumption (about 22.8 Tcf per year), 2,552 Tcf of natural gas is enough to supply approximately 110 years of use. Shale gas resource and production estimates increased significantly between the 2010 and 2011 Outlook reports and are likely to increase further in the future.

bayangin bro! amerika swasembada energi gas selama 110 TAHUN!!!!!

fasten your seatbelt bro, apa yang akan lo lakuin bro? kerja di perusahaan asing? ambil ilmunya terapin di kita? sampai kapan? apa bisa jamin ga keenakan disana dg gaji segunung? pulang, kerja di pribumi, bantu bangsa ini maju. jadilah penentu kebijakan di pemerintahan! takut ga bisa menghapuskan sistem korup di dalamnya dan terikut serta? banjirilah institusi2 pemerintahan, ‘usir’ tradisi-tradisi incumbent disana, beri gertakan nyata, ubah sistem, sulit memang, tapi harus begitu kalau mau maju.

ini contoh kisah ‘bunga bangsa’ yang akan pulang ke indonesia (jadi inget pak habibie) :

http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/20/08581137/Sukses.di.Malaysia.Riza.Muhida.Pilih.Kembali.ke.Indonesia

mengenai potensi energi baru terbarukan indonesia

panasbumi :

total potensi kita merupakan yang TERBESAR di dunia, walau harga jual rendah dibanding migas, tapi bila dioptimalkan dapat membantu krisis energi listrik yang terjadi. selain itu ini adalah energi yang ramah lingkungan karena tak mencemari udara, sifatnya yang ‘lokal’ dalam arti tidak dapat ditransmisikan jarak jauh, tidak memungkinkan untuk diselundupkan keluar negeri.

http://psdg.bgl.esdm.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=841%3Asumber-daya-panas-bumi-indonesia-status-penyelidikan-potensi-dan-tipe-sistem-panas-bumi&catid=10%3Ageothermal&Itemid=1

CBM (coal bed methane/gas metan batubara) :

Potensi  CBM Indonesia sangat besar yaitu yaitu 453,3 TCF yang tersebar pada 11 cekungan hydrocarbon. Dari sumber daya tersebut, cadangan CBM  sebesar 112,47 TCF merupakan cadangan terbukti dan 57,60 TCF merupakan cadangan potensial. ( sumber http://www.esdm.go.id/berita/migas/40-migas/4401-shale-gas-indonesia-terdeteksi-di-7-cekungan.html )

Untuk apa CBM? membangkitkan tenaga listrik dari gas hasil eksploitasi CBM.

apa itu CBM?

Shale gas :

http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT4cSYfGX-vl6oQOCEUfma5d8tPsVDotTSGhKQ5NGUrvQ4Rz9hoMECPHnI

gambarnya terlalu kecil, tapi yang jelas potensi shale gas ini besar sekali, tersebar di selatan sumatra, tanjung kalimantan selatan, kutai kalimantan timur, dll.

sedangkan untuk shale gas, Direktur Hulu Pertamina Muhamad Husen, di Jakarta, Selasa (18/10), mengungkapkan potensi cadangan shale gas di Indonesia sangat besar dibandingkan cadangan kas konvensional. Dirjen Migas memperkirakan potensi cadangan shale gas mencapai 1.000 TCF, sedangkan gas konvensional hanya sekitar 170 TCF. ( sumber http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/73946 )

potensi shale gas yang update adalah 574 TCF ( http://www.esdm.go.id/berita/migas/40-migas/5214-potensi-shale-gas-indonesia-capai-574-tscf.html ).

Eksplorasi sumber energi tersebut akan menghidupkan denyut nadi kehidupan masyarakat setempat, ditambah lagi energi yang murah yang dihasilkan akan menghidupkan industri di indonesia, mengurangi ketergantungan dan ketergila-gilaan kita pada sesuatu yang bernama IMPOR (saya muak mendengar kata impor, apalagi impor garam). Kitapun sudah mampu mengelola sumber daya alam dengan kualitas SDM yang kita miliki, tinggal bagaimana edukasi kita ke pihak penentu kebijakan bahwa riset mengenai energi baru terbarukan ini sudah SANGAT MENDESAK dan perlu dijalani dengan sangat serius demi kemajuan bangsa, tidak hanya berpikir jangka pendek dan cari selamat masing-masing!

produksi migas kita memasuki fase penurunan, apa kita mau tergantung sama energi yang dijual amerika ketika energi kita habis? mereka makin leluasa menetapkan harga, kita tak sanggup membeli, datanglah IMF sebagai dewa penolong fantasi, menawarkan pinjaman demi pinjaman, bisa ditebak, bangkrut, habislah kita. Dalam riset kita bicara investasi bukan cost, keberhasilan yang tak bisa diukur dalam hitungan satu atau 2 tahun, tapi diatas 10 tahun mungkin baru kita bisa menuai hasilnya, maka itu riset tentang new and renewable energy harus digalakkan di indonesia, now or never!!!

*nb : penulis adalah geofisikis yang sedang melakukan riset di perusahaan pribumi tentang ‘energi baru terbarukan dan teknologi hijau’ yang mencakup CBM (gas metan batubara) dan ke depannya shale gas dan panasbumi sebagai energi baru terbarukan dan murah untuk membangkitkan listrik di Indonesia.

bahaya softdrink

1. Untuk membersihkan toilet :
Tuangkan sekaleng Coca-Cola ke dalam toilet..
Tunggu sejam, kemudian siram sampai bersih.
Asam sitric dalam Coca-Cola menghilangkan noda-
noda dari keramik .

2. Untuk membersihkan radiator mobil :
Campur sekaleng Coca-Cola ke dalam radiator.
Panaskan mesin 15-30 menit.
Dinginkan mesin, setelah itu buang air radiator.
Anda akan melihat karat yang rontok bersama air tersebut.

3. Untuk menghilangkan titik-titik karat dari bumper /chrome mobil:
Gosok bumper dengan gumpalan alumunium foil
yang direndam dalam Coca-Cola .

4. Untuk membersihkan korosi dari terminal aki mobil :
Tuangkan sekaleng Coca-Cola di atas terminal aki
untuk membersihkan korosi.

5. Untuk melonggarkan baut yang berkarat :
Gosokkan kain yang direndam dalam Coca-Cola
pada baut yang berkarat.

6. Untuk menghilangkan noda-noda lemak pada pakaian :
Tuangkan sekaleng Coca-Cola ke dalam tumpukan
cucian yang bernoda lemak, tambahkan detergent,
dan putar dengan putaran normal.
Coca-cola/Pepsi akan menolong menghilangkan noda lemak.

Untuk Perhatian Kita
PH rata-rata dari soft drink,

a.l. Coca-Cola & Pepsi adalah 3.4..
Tingkat keasaman ini cukup kuat untuk melarutkan gigi dan tulang!
Tubuh kita berhenti menumbuhkan tulang pada usia sekitar 30th.

Setelah itu tulang akan larut setiap tahun melalui urine tergantung dari tingkat keasaman
makanan yang masuk.
Semua Calcium yg larut berkumpul di dalam arteri,urat nadi, kulit, urat daging dan organ,
yang mempengaruhi fungsi ginjal dalam membantu pembentukan batu ginjal.

Soft drinks tidak punya nilai gizi (dalam hal vitamin dan mineral).
Mereka punya kandungan gula lebih tinggi, lebih asam, dan banyak zat aditif seperti
pengawet dan pewarna.

Sementara orang suka meminum soft drink dingin setelah makan,
coba tebak apa akibatnya? Akibatnya?
Tubuh kita mempunyai suhu optimum 37 supaya enzim pencernaan berfungsi.

Suhu dari soft drink dingin jauh di bawah 37,terkadang mendekati 0.
Hal ini mengurangi keefektivan dari enzim dan memberi tekanan pada sistem pencernaan
kita,mencerna lebih sedikit makanan.

Bahkan makanan tersebut difermentasi.
Makanan yang difermentasi menghasilkan bau, gas, sisa busuk dan racun, yang diserap
oleh usus, diedarkan oleh darah ke seluruh tubuh.
Penyebaran racun ini mengakibatkan pembentukan macam-macam penyakit.

Beberapa Contoh
Beberapa bulan lalu, ada sebuah kompetisi di Universitas Delhi :
Siapa dapat minum Coca-Cola paling banyak??
Pemenangnya meminum 8 botol dan mati seketika karena kelebihan Karbondioksida
dalam darah dan kekurangan oksigen..
Setelah itu, Rektor melarang semua soft drink di semua kantin universitas.

Seseorang menaruh gigi patah di dalam botol pepsi, dan dalam 10 hari gigi tersebut
melarut!
Gigi dan tulang adalah satu-satunya organ manusia tetap utuh selama tahunan
setelah manusia mati

Bayangkan apa yang dilakukan minuman tersebut pada usus dan lapisan perut kita yang halus!

karena kalau banci bisa jadi rempong bokcoi :))

cek this out :

“Eheemm… Para pere n lekong, yuhhuu…
atensiong pliss dyeh…
Bekudis tempel semen alias ledis en
jentelmen…
Sesuai peraturan penerbangan, jadi eike di
mawar melati anggrek berbunga-bunga
sepanjang hari… mao tawarin yeiy cara
makarena sabuk pengaman yeiy.. aih
emangnya kondom kale aah, pengaman…
hihihihihi…!!

Coba sindang liat eike cara pasang itu sabuki
yang ngelilit dipinggang yeiy. .
Cara ngunciin biar yeiy enggong kelepas
nanti kalo pesawatnya jedukan, cucok
kan??!!!
Baju ngapung ada di bawah kursi yeiy
masing-masing , jengong dipakarena kecuali
nanti mas kapiten ngajak yeiy semua
nyemplung ke lautan berenang bareng ya
boo!!!

Eiitts, jengong lupita, itu perkakas jangan
yeiy pindah-pindahin ya, apalagi dibawa
polo ke ruminah…
Najis tralala tau..
Terus yang ketauan sama eike, bakalan
disentilin kanan kiri atas bawah depan
belakang deh iih…
Cara makarena nya, itu bejes dikalungin di
leher yeiy… Etong- etong jengong sampe
kekencengan ntar yeiy gak bisa napas ya
booo…

Oke deehh capcuuuss terbang…
Jengong lupita berdoa ye cyinnn….. Biar klo
metong yeiy gak penaserong
emmm.. yyuukk… Marreeee”

 

 

anyway ini cuma copas dari forum2, just 4 fun 😀

mengapa mereka terus mengkritisi dan menghina agama mereka?

saya mendapatkan jawaban menarik dari sebuah komentar di status facebook teman saya :

“Itu orang yang kecewa dengan agamanya, makanya dia iri dengan agamanya dia”

simple, nonjok banget, wise..

kenapa orang kecewa dengan agamanya?

agama membatasi kebebasan ‘definitif’ seseorang, sebagaimana yang pernah saya ulas, kebebasan itu tak pernah ada dalam kehidupan ini, ia akan terus diatur oleh nilai-nilai walaupun tak ada satu agama pun di dunia ini, kecuali orang gila 🙂

karena dianggap mengganggu kebebasan, contohnya perintah berjilbab kepada setiap muslimah yang beranjak dewasa tanpa kecuali, tujuannya? identitas dan penjaga kehormatan, agama dimodifikasi sedemikian rupa agar ia dapat mengakomodir hawa nafsunya, misalnya : “ya kan pake jilbab kalo kelakuannya ga sesuai kan bakal dianggap munafik sama orang-orang, yang penting jilbabin dulu hatinya”, atau “tubuh wanita itu diciptakan tuhan indah, ini seni bung!” . hehe inget dong, jilbab perintah mutlak dan itu sifatnya ‘physically’, mana bisa hati dijilbabin. lalu ‘kata orang-orang’ mereka menjadi lebih peduli dengan orang lain, penilaian orang lain rupanya jauh lebih berharga ketimbang penilaian tuhan, haha, lantas apa gunanya agama? tujuannya dibuat agama kan supaya tidak kacau, a-gama.

ya, mereka kecewa dengan agama karena dengan agama mereka ga bisa liberal, karena agama dengan liberal adalah sesuatu paradoks. mereka iri dengan agama, karena mereka tak bisa membuat agama yang lebih baik untuk semua orang, adakah manusia yang dapat menciptakan agama yang lebih baik dari sekarang? tuhan pun menantang, tidak akan ada manusia yang sanggup membuat seekor lalat pun sesempurna buatan tuhan 🙂

jika anda dan sekeluarga berminat melakukan perjalanan wisata ke berbagai tempat wisata di indonesia, seperti pantai, pekan raya jakarta, malioboro dll, hati-hatilah!

akhir pekan kemarin saya dan teman saya baru saja melakukan perjalanan wisata ke daerah pantai carita propinsi banten, terakhir saya pergi ke sana saat masih sekolah dasar bersama keluarga saya, selalu menginap di resort mutiara carita. saat akhir pekan kemarin saya agak kaget melihat pantai carita sudah dikapling-kapling, saya mencoba masuk salah satu tempat, lupa namanya, ketika masuk pintu gerbang, seperti biasa kami dicegat ‘petugas’, kali ini petugasnya ‘abal-abal’ alias asal-asalan seperti preman, kami bertanya, dia melihat-lihat ke dalam avanza sewaan kami, dan melemparkan harga 50 ribu, WTF!!!?? kapling pantai yang tak bisa dibilang bagus, lokasi yang terkesan asal buat, agak kumuh, dengan fasilitas yang memilukan begitu dihargai 50ribu adalah sesuatu yang tidak logis. teman saya yang saat itu kebelet buang air berusaha menawar dengan berdalih cuma ke toilet sebentar, dia sebut 30ribu, muak, kami putar balik keluar. karena terpaksa semua pantai dikapling-kapling, kami akhirnya ke kapling pantai juga.

ternyata memang kapling tak sebatas itu, ada sebuah kapling di sebelah kapling yang kami masuki, terpisah oleh sungai kecil/selokan dengan lebar kira-kira 5 meter, dihubungkan jembatan bambu asal-asalan, tak ada tanda apapun, kami melewatinya, sesaat setelah sampai di pantai sebelah, lagi-lagi preman mendatangi kami dengan berkata, “mas itu mas lewat jembatan buatan orang-orang sini, bayar 2000 rupiah per-orang, sekali lagi WTF!!! kali ini bukan nominalnya yang kami persoalkan, penipuan, penjebakan, mencari uang dengan menjijikkannya itu loh! setelah kejadian-kejadian memuakkan tersebut kami jadi ekstra hati-hati, tak sembarangan menyentuh ‘buatan manusia’ macam jembatan sialan itu, takut jika ‘sentuh=bayar’, bertanya harga makanan dan minuman yang untungnya sangat normal.

ternyata memang banyak kasus penipuan seperti itu di tempat wisata, saya sudah mengalami peristiwa bodoh dulu dimana tidak bertanya ketika akan makan di daerah malioboro, akhirnya menghadapi kenyataan pahit, makan soto kalo ga salah di saat harga soto normalnya 2000-4000 rupiah, ini malah kena tagih 25ribu rupiah, setelah itu setiap mau makan dimana pun saya harus tahu terlebih dahulu daftar harganya bahkan sebelum duduk. terlebih banyak kasus penipuan yang lebih berat lagi di luar area pekan raya jakarta yang dialami banyak orang yang mana makan nasi goreng kaki lima busuk pinggir jalan berdua atau bertiga saja bisa kena ratusan ribu, dan parkir motorpun bisa 50 ribu rupiah, hati-hati! jaringan preman menggurita di area luar pekan raya jakarta, usahakan naik angkutan umum dan hindari makan diluar area, sumber http://www.k*skus.us/showthread.php?t=9437897 dan http://www.k*skus.us/showthread.php?t=9367723

terakhir cerita dari teman saya, dia bercerita temannya, sebut saja si A, pergi dengan pacarnya. mereka berwisata ke monas, sambil beristirahat, mereka membeli 2 teh botol, ketika akan membayar, penjual memberi harga ratusan ribu rupiah, tak terima, mereka terlibat adu mulut yang ikut menyeret beberapa orang disana, mereka terpecah menjadi 2 kubu, pendukung penjual dan pendukung si A, situasi memanas akhirnya untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan akhirnya si A membayarnya.

masih banyak dan terlalu banyak kisah-kisah memuakkan lainnya yang kerap kita temui di tempat-tempat wisata, mudah-mudahan hal tersebut tidak mengurangi minat kita untuk berwisata karena berwisata itu penting untuk kesehatan jiwa dan raga, pengetahuan, dan lain-lain.

berikut tips-tips yang patut diperhatikan untuk menghindari penipuan di tempat wisata :

1. cari INFORMASI sebanyak-banyaknya mengenai tempat wisata yang akan kita tuju, hal-hal seperti tema wisata, kondisi umum tempat wisata, akses jalan, transportasi, akomodasi, fasilitas wisata yang ada, survei harga, dan lain-lain. info-info ini bisa kita dapatkan melalui internet (cari saja di google), media televisi, media cetak, ataupun bertanya kepada orang yang sudah pernah berwisata ke tempat yang kita tuju.

2. TANYA HARGA setiap kita akan membeli sesuatu, baik itu makanan, minuman, fasilitas yang disewakan seperti parkir, penginapan, sewa papan luncur, tenda, tikar dan lain-lain.

3. kalau memungkinkan, pakai angkutan umum, karena biasanya petugas-petugas ‘ilegal’ macam preman tempat wisata seenaknya menentukan tarif, apalagi jika wisatawan menggunakan mobil pribadi

4. hindari menyentuh/memakai benda-benda buatan manusia semisal jembatan yang dibuat para preman, biasanya itu jebakan, beda dengan misalkan jembatan yang terdapat di DALAM AREA wanawisata resmi yang dikelola pihak yang berwenang seperti Taman Hutan Raya Juanda Bandung, tentu tidak akan dipungut biaya melintas.

baru itu yang bisa saya sampaikan demi menghindari jatuhnya korban penipuan yang lebih banyak, selamat berwisata!

Qadhaffi …

beliau mengajari kita menghargai kebebasan untuk berekspresi, disaat dunia diatur oleh barat untuk berpakaian seragam setelan jas dan dasi yang  ‘tolol nan membosankan’. Selamat Jalan pak Qadhaffi, salam jari tengah untuk NATO…

 

Khadafi selalu tampil nyentrik jika tampil di hadapan umum. Seperti di gambar ini yang diambil di Tripoli, Libya pada 3 September 2011 lalu. (AP/Abdel Magid Al Fergany)